Cara Mengatasi Web Unbk Tidak Dapat Akses

Bagaimana cara mengatasi laman UBK eror tidak bisa di akses? - Halo sahabat proktor dan teknisi dimanapun kalian berada. Bagaimana kabar hari ini? Semoga baik-baik saja dan tetap bisa menjalankan kiprah dengan lancar. Kali ini saya ingin mengembangkan sedikit pengalaman saya selama menjadi proktor UNBK di Sekolah Menengah Pertama daerah saya bertugas. Semoga dari apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan bisa membantu sahabat di sana.

Bagaimana cara mengatasi laman UBK eror tidak bisa di jalan masuk Cara Mengatasi Web UNBK Tidak Bisa Akses

Pernahkah sahabat mengalami permasalahan menyerupai gambar di atas? Yakni server UNBK tidak sanggup dibuka dan muncul keterangan koneksi anda tidak pribadi, penyerang mungkin berusaha mencuri isu anda dari ubk.kemdikbud.go.id (misalnya sandi, pesan, atau kartu kredit).

Pada beberapa hari terakhir banyak keluhan dari teman-teman proktor dan teknisi terkait permasalahan tersebut. Ketika ingin membuka atau mengakses web UNBK tiba-tiba muncul eror NET::ERR_CERT_DATE_INVALID atau  keterangan eror sejenis. Yang pada pada dasarnya mengambarkan bahwa koneksi kita tidak bersifat pripadi, jam terlalu cepat atau lambat, masa berlaku sertifikan kemanaan laman telah berakhir, dan lain sebagainya.

Permasalahan ini tentunya cukup membingungkan, pasalnya selama pengalaman saya menjadi proktor belum pernah mengalami hal ini. Lalu kira-kira apa penyebabnya? Saya pun tidak tahu niscaya apa penyebabnya, yang terperinci permasalahannya mungkin pada perangkat yang kita gunakan (laptop/komputer), mungkin pada koneksi jaringan kita, mungkin juga ada perbaikan di server sentra UNBK.

Cara Mengatasi Web UBK Tidak Bisa Akses


Meskipun saya tidak tahu niscaya apa penyebab masalahnya, namun berbekal sharing di grup proktor UNBK dan pengalaman pribadi, saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi dilema web UNBK yang tidak bisa di jalan masuk atau dibuka, dan berikut beberapa langkah yang bisa sahabat coba.

Perlu diingat bahwa permasalahannya memang kompleks, kemungkinan cara mengatasinya berbeda-beda. Kaprikornus cobalah satu persatu cara di bawah ini hingga berhasil. Apabila masih belum teratasi kita bisa diskusikan melalui kolom komentar.

1. Bersihkan catatan riwayat brwoser

Dengan membersihkan seluruh riwayat data pada browser maka akan menyegarkan kembali browser yang kita gunakan. Cobalah berishkan riwayat dengan cara CTRL+H dan hapus data penjelajah secara keseluruhan.

2. Clear DNS komputer

Ada beberapa situs yang memang tidak mendukung DNS yang kita gunakan. Cobalah clear DNS komputer melalui CMD dan ketik ipconfig /flushdns kemudian enter.

3. Update browser yang digunakan

Kemungkinan juga alasannya ialah browser yang kita gunakan ialah versi lama, jadi untuk mencoba maka silahkan periksa versi browser sahabat dan perbaruilah jikalau belum versi terbaru.

4. Gunakan IP dari VPN

Berdasarkan sharing di grup proktor, pihak server sentra pendidikan nasional (seperti dapodik, PMP, SIM PKB, web UBK, dll) memang sering memblokir IP (Internet Protocol) dari telkom. Jika layanan koneksi internet yang sahabat gunakan dari telkom cobalah memanipulasi IP dengan memakai VPN menyerupai Psiphon. Baca: Cara memakai psiphon di windows komputer

5. Restart koneksi internet

Apabila semua cara di atas masih gagal, cobalah ulangi seluruh langkah di atas yaitu bersihkan update browser, bersihkan riwayat, clear DNS, kemudian restart modem (koneksi internet). Secara umum provider menyediakan layanan IP static, jadi dikala di restart maka akan berganti IP gres secara otomatis.

6. Klik lanjutan / advance di bawah keterangan eror

Apa bila seluruh cara di atas masih tidak bisa membuka laman UNBK, maka silahkan coba cara yang paling sederhana ini. Yaitu dengan klik link lanjutan / advance di bawah keterangan eror, kemudian klik lanjutkan ke ubk.kemdikbud.go.id (tidak aman).

7. Akses dengan pemanis sublink UBK

Entah disebut apa sublink ini, pada dasarnya yaitu menambah sublink sesudah alamat situs utama. Dan menurut hasil percobaan saya ternyata bisa saya jalan masuk dengan lancar. Berikut link yang saya maksud : http://unbk.kemdikbud.go.id/admin/remote

Demikian cara mengatasi web ubk kemdikbud yang tidak bisa diakses. Sekali lagi jikalau dengan memakai seluruh cara di atas masih belum terpecahkan, maka mari kita diskusikan di kolom komentar. Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah kata dan biar bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Ujian Nasional Matematika 2014 Ke 3

Soal Siap Un Matematika Smp 2015-2016 Dan Pembahasannya